DOCKING.ID BLOG

Indonesia Maritime Blog Informations

FEATURED TEKNIS TIPS

JENIS-JENIS CAT PADA KAPAL

Selama kapal beroperasi berlayar di lautan, kapal membutuhkan perlindungan dari lingkungan yang korosif dan organisme laut yang dapat menempel dan mengotori lambung kapal. Korosi pada kontruksi kapal baja dapat mengakibatkan menurunnya kekuatan kontruksi dan umur dari kapal, sehingga mengurangi jaminan keselamatan muatan dan penumpang kapal. Selain itu organisme laut seperti lumut ataupun teritip dapat membuat permukaan lambung kapal menjadi kasar dan hambatan kapal pada saat berlayar akan meningkat sehingga kecepatan kapal pada saat berlayar lebih lambat atau peningkatan konsumsi bahan bakar untuk mempertahankan kecepatan yang sama.

Untuk menghindari kerugian yang lebih besar akibat korosi dan organisme laut pada kontruksi kapal akibat air laut maka diperlukan perlindungan pada pelat kapal antara lain dengan cara menggunakan cat kapal pada bagian kontruksi kapal yang tercelup air laut. Pengecatan di kapal dilakukan pada sebagian besar bagian kapal yang terpapar oleh air laut. Pada dasarnya pengecatan pada bagian luar kontruksi kapal dibagi menjadi tiga area diantaranya:

  1. Di bawah garis air (water line), dimana pelat lambung kapal terus menerus tercelup dalam air laut.
  2. Di bagian garis air dan bagian atas garis air yang tidak terus menerus tercelup air dan banyak terkena abrasi air laut (bottop).
  3. Bagian topsides dan superstructure yang terkena udara yang bercampur dengan air laut ataupun akibat dari penanganan muatan kapal.
Sumber: www.nace.org

Untuk pengecatan  kapal  bangunan  baru meliputi pengecatan  keseluruhan  badan  kapal  dari  haluan hingga  buritan  termasuk  sistem  dalam  kapal. Sedangkan pengecatan perbaikan atau perawatan kapal, hanya pada bagian tertentu yang sesuai dengan peraturan harus dilakukan pengecatan kembali setelah beberapa waktu. Berikut adalah tahapan dari pengecatan pada kapal diantaranya:

1.Cat dasar/Primer coat

Cat dasar/Primer coat merupakan lapisan cat yang memiliki daya lekat pada permukaan dan memberikan perlindungan yang baik untuk permukaan besi agar tidak berkarat. Cat ini merupakan komposisi yang berimbang artinya dapat berfungsi sebagai dasar cat dan anti karat, serta mempunyai daya lekat dengan lapisan cat berikutnya.

2. Cat tengah/Intermediate coat

Cat tengah/Intermediate coat merupakan lapisan cat untuk menciptakan ketebalan tertentu agar kedap air. Cat tengah harus dapat melekat dengan baik pada lapisan primer.

3. Cat akhir /Topcoat/ Finish coat

Cat akhir /Topcoat/ Finish coat mempunyai tujuan sebagai pelindung paling luar terhadap lingkungan seperti mencegah binatang laut agar tidak menempel.

Dalam pengecatan kapal digunakan beberapa jenis cat diantaranya:

1.Anti-Corrosion

Anti-Corrosion merupakan cat primer dengan basis resin yang dapat mencegah resapan air laut masuk menembus bidang besi atau kayu. Cat anti-corrosion ini merupakan cat kapal yang dipergunakan untuk bagian bawah lambung kapal. Setelah melakukan pengecatan menggunakan cat anti-corrosion selanjutnya menggunakan Intermediate coat.

2. Intermediate Coat

Intermediate Coat merupakan cat antara yang dipakai untuk mengecat bagian lambung kapal. Intermediate Coat ini dapat melindungi lambung kapal dari resapan air laut, disamping fungsinya sebagai penebal cat.

3. Anti-Fouling

Anti-Fouling merupakan salah satu cat kapal yang dipergunakan untuk bagian bawah lambung kapal. Cat Anti-Fouling ini mengandung bahan yang dapat menolak lumut, tiram atau binatang laut lainnya sehingga lambung bagian bawah kapal menjadi bersih dari kontaminasi binatang laut dan lumut. Cat ini  dipergunakan  pada  bagian kapal pada antara lunas sampai dengan garis air. Dimana  pada  bagian  ini  selalu  tercelup  air  dan sangat mungkin ditempel binatang laut.

4. Bottop Coat

Bottop Coat merupakan cat yang digunakan setelah cat anti-corrosion, dimana cat ini dipergunakan pada di bagian garis air dan bagian atas garis air yang tidak terus menerus tercelup air dan banyak terkena abrasi air laut

5. Top Side Coat

Top Side Coat merupakan cat khir yang dipakai untuk mengecat bagian atas kontruksi kapal dan warnanya harus sesuai dengan warna desain kapal. Top Side Coat ini mempunyai bahan yang tahan terhadap cuaca.

6. Deck paint

Deck paint adalah cat yang digunakan untuk pengecetan pada bagian deck kapal.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *