DOCKING.ID BLOG

Indonesia Maritime Blog Informations

PUBLIKASI

SEJARAH SINGKAT DAN PERKEMBANGAN GALANGAN KAPAL DI INDONESIA

Galangan kapal Indonesia mulai didirikan pada sekitar tahun 1951. Pada tahun 1951 didirikan sebuah galangan bernama Galangan Carya di Jakarta dan mulai membangun kapal konstruksi baja dengan ukuran hingga 500 DWT. Walaupun Galangan Carya merupakan sebuah galangan kecil, dengan didirikannya galangan kapal tersebut merupakan sebuah pencapaian sejarah di bidang industri perkapalan di Indonesia.

Pada tahun 1960, dikarenakan adanya konflik antara negara Indonesia dengan Belanda , maka semua perusahaan milik Belanda, termasuk galangan kapal indonesia, diambil alih oleh pemerintah Indonesia yang kemudian menjadi badan usaha milik pemerintah.

Salah satunya Galangan Kapal Marina yang didirikan pemerintah Belanda pada tahun 1939 di Surabaya. Galangan kapal tersebut kemudian diganti namanya menjadi PT PAL (Penataran Angkatan Laut), dan sekarang menjadi PT. PAL Indonesia (Persero).

galangan kapal di indonesia

www.pinterest.com

Seiring dengan meningkatnya kebutuhan kapal baru dan perbaikan kapal di Indonesia, perusahaan galangan kapal di Indonesia tumbuh di berbagai daerah terutama yang berdekatan dengan pelabuhan-pelabuhan besar. Berdasarkan data Kementerian Perindustrian Republik Indonesia, hingga akhir tahun 2016 ada sebanyak 250 galangan kapal di Indonesia. Sekitar 70 galangan kapal indonesia berada di daerah Batam, Kepulauan Riau yang merupakan lokasi yang sangat strategis karena berdekatan dengan selat Malaka yang merupakan salah satu jalur pelayaran terpenting di dunia dan berdekatan dengan negara Singapura yang sangat maju dibidang industri perkapalannya. Selain itu juga galangan kapal di Indonesia banyak yang berlokasi di Pulau Jawa, yang merupakan pulau di Indonesia yang paling banyak populasi penduduknya

Laut Indonesia mencakup 5,8 juta kilometer persegi yang terdiri dari perairan teritorial seluas 300 ribu kilometer persegi. Zona Ekonomi Eksklusif (ZEE) seluas 2,7 juta kilometer persegi, serta lebih dari 17.500 pulau. Hal tersebut menjadi faktor utama dalam mengembangkan industri perkapalan, khususnya industri galangan kapal Indonesia. Galangan kapal di Indonesia telah diakui memiliki kemampuan teknologi dalam pembangunan kapal dan perbaikan kapal yang handal.

Industri galangan kapal Indonesia telah mampu membangun dan memperbaiki berbagai jenis dan ukuran kapal yang selama ini digunakan oleh berbagai perusahaan pelayaran, perusahaan pemilik konstruksi lepas pantai, instansi pemerintah, militer, serta para nelayan. Galangan kapal di Indonesia tersebut mampu membangun kapal dengan berbagai macam jenis material diantaranya material baja, aluminium, FRP (fiberglass reinforced plastics).

Indonesia memiliki organisasi yang bernama Iperindo yang merupakan singkatan dari Ikatan Perusahaan Industri Kapal Indonesia. Salah satu misi dari organisasi Iperindo ini adalah memajukan industri di bidang maritim. Majunya industri galangan kapal di Indonesia akan meningkatkan perekonomian negara Singapura contohnya yang menjadikan industri perkapalan sebagai salah satu sektor dominan dalam struktur pendapatan negara. Industri galangan kapal Indonesia memiliki potensi besar dalam industri strategis untuk kedepannya.

Untuk memberdayakan dan meningkatkan usaha industri galangan kapal di Indonesia, pemerintah Indonesia telah meminta para pemangku kepentingan di bidang pelayaran dan perkapalan di Indonesia agar tidak membeli kapal impor yang harganya relatif lebih murah daripada kapal produksi galangan dalam negeri, melainkan membangun kapal sendiri di galangan kapal dalam negeri. Upaya lain adalah pemerintah Indonesia merencanakan Indonesia sebagai poros maritime dunia dan program tol laut. Untuk mendukung program tersebut semua kapal juga akan dibuat di galangan kapal di Indonesia.

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Docking.id membantu galangan kapal indonesia untuk menjangkau pelanggannya di seluruh wilayah dan solusi shipowner untuk dapat menemukan dock space di galangan yang sesuai dengan jadwal dan fasilitas yang dibutuhkan bagi armadanya semudah ISI, CARI dan TEMUKAN. Temukan juga kemudahan mencari penyedia kebutuhan kapal dimanapun melalui website kami.