DOCKING.ID BLOG

Indonesia Maritime Blog Informations

FEATURED

SEKILAS TENTANG SOLAS DAN SURVEY STATUTORIA SOLAS


pic: www.pexels.com

SOLAS atau kependekan dari Safety Of Life At Sea adalah salah satu konvensi internasional tentang maritim yang menjadi standar keselamatan yang wajib diterapkan pada kapal niaga dengan ukuran tertentu. Sejarah awal dibuatnya konvensi SOLAS merupakan respon dari terjadinya kecelakaan tenggelamnya kapal Titanic setelah menabrak gunung es pada tahun 1912 yang menewaskan  lebih dari 1.500 penumpang dan awak kapal. Berikut secara garis besar sejarah dari SOLAS:

  • Pada tahun 1914 pertama kali diselenggarakan konferensi pertama SOLAS, dengan tujuan mengevaluasi standar keselamatan pelayaran mengacu pada tragedi Titanic. SOLAS diadopsi pada 20 Januari 1914 dan ditandatangani oleh hanya 5 negara, tetapi batal diberlakukan karena terjadinya Perang Dunia I.
  • Pada tahun 1929 kembali diselenggarakan konferensi yang dihadiri 18 negara. Menyepakati beberapa ketentuan perihal pembangunan kapal, peralatan keselamatan, pencegahan dan pemadaman kebakaran, peralatan komunikasi, alat bantu navigasi, dan aturan pencegahan tubrukan.
  • Pada tahun 1948 diselenggarakan konferensi SOLAS yang ketiga, dan menghasilkan beberapa perubahan.
  • Pada tahun 1960 diselenggarakan konferensi SOLAS yang hasilnya diadopsi pada 17 Juni 1960 dan mulai berlaku pada 26 Mei 1965
  • Pada tahun tahun 1974 diselenggarakan konferensi SOLAS di London dan dihadiri oleh 71 negara. Menghasilkan konvensi SOLAS 1974 dan baru diberlakukan pada tanggal 25 Mei 1980.
  • Pada tahun 1988, SOLAS 1974 mengalami perubahan besar sehubungan dengan disetujuinya Sistem survei dan sertifikasi kapal yang diharmonisasikan (Harmonized System of Survey and Certification), serta adanya perubahan Peraturan Radio (Radio Regulation) 1987 dari ITU (International Telecommunication Union) dengan menghilangkan Kode Morse menjadi GMDSS (Global Maritime Distress and Safety System). Dengan adanya perubahan besar tersebut maka di adopsi SOLAS Protocol 1988.

pic: www.imo.org

Pemerintah Indonesia telah meratifikasi SOLAS 1974 sebagaimana dituangkan ke dalam Keputusan Presiden No. 65 tahun 1980. Pemerintah Indonesia juga telah meratifikasi SOLAS Protocol 1988 sebagaimana dituangkan ke dalam Peraturan Presiden RI No.57 Tahun 2017 yang secara umum mengatur tentang harmonisasi masa berlaku sertifikat dan pelaksanaan pemeriksaan yang terdiri atas pemeriksaan awal, pemeriksaan tahunan, pemeriksaan antara dan pemeriksaan pembaharuan.

Setelah diratifikasinya SOLAS Protocol 1988 ini, bagi kapal berbendera Indonesia dengan daerah pelayaran Internasional yang berukuran GT 500 atau lebih wajib memenuhi ketentuan SOLAS 1974 dan SOLAS Protocol 1988 terkait pelaksanaan pemeriksaan atau survei yang wajib dilaksanakan untuk setiap tahun, antara dan pembaharuan. Pemerintah akan memberikan masa berlaku sertifikat selama 5 tahun apabila kapal-kapal tersebut telah memenuhi ketentuan. Untuk memastikan bahwa kapal memenuhi persyaratan dalam konvensi SOLAS maka dilakukan survei yang dilaksanakan oleh seorang inspektur dari Pemerintah yang berwenang atau seorang yang berwenang yang telah memenuhi syarat untuk melakukan survey statutoria seperti yang dipersyaratkan pada Konvensi Internasional tersebut. Badan klasifikasi kapal juga dikenal dengan Recognized Organization (RO) yang diakui oleh pemerintah Indonesia untuk melakukan survei atas nama Pemerintah Indonesia.

Menurut konvensi SOLAS 1974 ada beberapa jenis statutoria survei yang berdasarkan Sistem survei dan sertifikasi kapal yang diharmonisasikan (Harmonized System of Survey and Certification) diantaranya:

  1. Initial Survey
  2. Renewal Survey
  3. Intermediate Survey
  4. Periodical Survey
  5. Annual Survey
  6. Additional Survey

Menurut Konvensi SOLAS 1974 Chapter I Part B Regulation 12 ada 4 jenis sertifikat yang diterbitkan diantaranya:

  1. Passenger Ship Certificate
  2. Cargo Ship Safety Construction Certificate
  3. Cargo Ship Safety Certificate
  4. Cargo Ship Safety Radio Certificate

LEAVE A RESPONSE

Your email address will not be published. Required fields are marked *

Docking.id membantu galangan kapal indonesia untuk menjangkau pelanggannya di seluruh wilayah dan solusi shipowner untuk dapat menemukan dock space di galangan yang sesuai dengan jadwal dan fasilitas yang dibutuhkan bagi armadanya semudah ISI, CARI dan TEMUKAN. Temukan juga kemudahan mencari penyedia kebutuhan kapal dimanapun melalui website kami.